Tentang Teknik Batik Yang Cukup Menarik

Articles, Blog 0

Tentang Teknik Batik Yang Cukup Menarik. Ada pendapat dari seseorang bernama G.P. Rouffaer yang mengatakan bahwa teknik batik kemungkinan diperkenalkan dari negara India atau Srilangka pada abad k-6 atau ke-7. Pendapat oranglain seperti misalnya adalah Brandes seorang arkeolog Belanda percaya bahwa tradisi batik adalah merupakan asli dari daerah Toraja, Halmahera dan juga Papu. G.P. Rouffaer juga mengatakan bahwa pola gringsing telah dikenal yaitu adalah sejak abad ke -12 di Kediri, Jawa Timur. Dirinya juga memberikan kesimpulan bahwa pola tersebut hanya dapat dibentuk yaitu dengan menggunakan peralatan canting. Hal tersebut yang membuat dirinya berpendapatbahwa canting ditemukan di Jawa pada masa tersebut.

tentang batik

tentang batik

Mengenai detail ukiran kain yang hampir mirip dengan pola batik tersebut adalah dikenakan oleh Prajnaparamita, sebuah Arca dewi kebijaksaaan Buddhis dari Jawa Timur di abad ke-13. Detail pakaian tersebut memperlihatkan adanya pola sulur tumbuhan dan juga kembang-kembang rumiut yang hampir mirip dengan pola alur batik tradisional Jawa yang bisa kita temukan.

Hal tersebut juga memperlihatkan bahwa membuat pola batik yang rumit hanya bisa dibuat dengan menggunakan canting yang telah dikenal di Jawa sejak abad ke -13 atau bahkan lebih awal. Ada juga sebuah literatur Eropa tentang teknik batik yang pertama kali ada dalam buku History of Java (London, 1817) hasil karya tulisan Sir Thomas Stamford Raffles.

Berlangganan content dan bonus-bonus terbaru

Isikan nama dan alamat email dibawah ini:

Related Posts