Mengapa Anda Harus Tampil Menggunakan Busana Batik?

Blog, Inspirasi

 

festivalBusana batik bukanlah identik dengan busana yang dikenakan oleh bapak-bapak, atau ibu-ibu. Tapi saat ini, busana tersebut sudah meluas, bahkan bisa dikatakan ngetrend.

Sebagai salah satu busana nasional, sudah selayaknya jika Anda bangga mengenakannya. Malahan, bila memungkinkan Anda bisa memperluas penggunaan batik ini dengan memperkenalkannya pada khalayak umum.

Tidak ada yang meminta Anda untuk selalu mengenakannya ditiap harinya, namun akan lebih elegan jika keseharian memakai busana ini. Toh ini adalah busana khas yang menjadi warisan nenek moyang.

Ada beberapa alasan dimana Anda perlu mengenakan busana ini. Diantara alasan kenapa seharusnya batik selalu Anda kenakan adalah sebagai berikut.

Batik Warisan Budaya Bangsa

2 oktober 2009 merupakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dimana busana batik disyahkan sebagai baju milik bangsa Indonesia. Hari bersejarah tersebut kemudian dijadikan sebagai hari batik nasional.

Untuk memperingati hari batik ini, Anda diharuskan mengenakan batik. Alasannya adalah tentu saja membentuk jiwa yang menghargai warisan budaya yang telah diperjuangkan oleh bangsa selama ini.

Tampil Elegan Dan Nasionalis

Seperti yang dikatakan sebelumnya, busana ini merupakan warisan budaya. Ini berarti jika mengenakan batik sama saja menjaga kehormatan bangsa dengan selalu menghargai apa yang diwariskan sejak dahulu.

Mengenakan bati juga tidak terkesan kuno, bahkan bila kaum lelaki mengenakannya, maka kesan elegan dan kharismatik akan terlihat. Sementara bagi kaum wanita, kesan menarik, anggun juga akan terlihat. Jadi, tidakkah Anda mengenakannya saat ini?

Memperkenalkan Warisan Budaya Pada Masyarakat Luar

Sebelumnya, batik diakui oleh banyak negara. Salah satu yang ngotot adalah negara tetangga Indonesia. Bahkan hampir busana ini diklaim menjadi warisan budayanya.

Anda tentunya tidak mau bukan jika warisan budaya yang selama ini menjadi ciri khas bangsa diakui oleh bangsa lain? Oleh karenanya, Anda wajar sekali mengenakannya.

Tujuannya tentu saja memperkenalkan busana batik ini sebagai salah satu busana khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Bukan dimiliki oleh bangsa lainnya.

Malu Dengan Orang Lain

Batik sudah dikenal oleh masyarakat luas, dan mengenakannya sudah sangat biasa saat ini. Banyak warga luar negeri sudah mengenakannya, dan mereka juga bangga mengenakannya padahal bukan busana khasnya.

Contohnya adalah Nelson Mandella (presiden afrika selatan) bangga mengenakan batik dikesehariannya. Khususnya yang didatangkan asli dari Indonesia. Ini bukti jika banyak yang bangga mengenakannya.

Anda yang menyadari jika busana tersebut adalah busana khas Indonesia tentu saja akan merasa malu jika tidak bangga mengenakannya. Toh warga lain suka dengan pakaian tersebut.

Tidak Terkesan Bapak-Bapak

Semakin semaraknya penggunaan busana batik ini ternyata diikuti dengan perkembangan yang jauh lebih baik dari sisi stylenya. Maksudnya, corak dan bentuknya sudah diatur sedemikian rupa sesuai dengan siapa yang nantinya akan mengenakannya.

Jika yang mengenakan adalah bapak-bapak, tentu saja coraknya diatur dimana nantinya akan memunculkan kesan lebih berwibawa. Sementara bagi kaum remaja, masih ada banyak pilihan dimana coraknya akan lebih berwarna dan tidak terkesan tua.

Sama halnya dengan orang yang lebih dewasa, coraknya juga disesuaikan. Tentunya memberikan kesan pemakainya yang lebih dewasa. Ini tentunya menjadi gambaran bahwa batik tidak monoton, atau terkesan biasa-biasa saja. Malahan lebih fleksibel, cocok untuk setiap kalangan.

Demikianlah alasan mengapa Anda diharuskan mengenakan busan tersebut. Poin paling penting tentunya datang dari melestarikan dan menjaga warisan budaya bangsa. Jadi, apakah Anda bangga mengenakan busana batik saat ini?

Berlangganan content dan bonus-bonus terbaru

Isikan nama dan alamat email dibawah ini:

Related Posts