Batik Modern VS Batik Tradisional

Articles, Informasi 3

Tahukah Anda Apa Yang Membedakan Batik Modern Dengan Batik Tradisional?

tradisonal combine ModernBatik modern saat ini banyak dipilih karena bervariasi dan harganya lebih bersahabat. Sementara batik tradisional hanya sebagian saja peminatnya. Batik identik dengan seni keindahan yang tertuang dalam sebuah kain. Seni keindahan ini merupakan seni istimewa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
Ada dua kategori batik, batik jenis modern dan juga batik tradisional. Kedua batik ini memiliki perbedaan yang mana menentukan sisi kualitas serta mahalnya hasil dari batik tersebut. Apa perbedaannya?

Batik Tradisional

Batik tradisional adalah jenis batik yang dibuat secara tradisional, mengikuti aturan-aturan yang mana wajib ditaati dalam pembuatannya. Lebih jelasnya, batik ini akan sangat berbeda dengan batik modern yang cenderung lebih bebas. Artinya tidak mengikuti aturan-aturan seperti batik tradisional.

Batik yang dibuat secara tradisional ini memiliki keunggulan pada sisi keindahannya. Selain itu, memiliki kualitas yang sangat unggul karena dikerjakan dengan sangat teliti dan sangat hati-hati. Betapa tidak, pembuatannya ini dilakukan dengan tangan.

Diproses selama beberapa hari dengan menggulirkan canting dengan lebih hati-hati agar tidak keliru. Yang menarik, batik tradisional ini lebih cenderung sangat formal. Atau hanya mengikuti jejak dari pendahulunya seperti yang diwariskan sebelumnya. Bahkan dengan adanya corak tersebut, batik ini menjadikan salah satu tenunan yang khas. Artinya, mencirikan darimana batik tersebut berasal.

Salah satu contohnya adalah batik pekalongan, batik lorodan, atau batik kerokan. Batik-batik tersebut cenderung memiliki pola yang sama dan menjadi ciri khas sebuah daerah. Makanya, batik ini lebih cenderung spesial bila digunakan untuk acara resmi.

Batik Modern

Lain halnya dengan batik tradisional, batik modern memiliki aura kemodernan. Tidak adanya aturan main dalam pembuatannya, dan kesannya lebih mebgikuti jaman.

Batik ini dibuat dengan memperhatikan kebutuhan, dan sisi trend saat ini. Yang terpenting, batik ini dibuat untuk membuat segala kalangan pantas menggunakannya.

Ciri dari batik ini adalah tidaknya aturan dalam pembuatannya. Selain itu, kekhasan dari batik jenis ini adalah lebih berwarna, dan tidak terkesan sangat resmi ketimbang batik tradisional.

Salah satu contohnya adalah batik yang bermotifkan lukisan, pemandangan dan lain sebagainya. Kesan abstrak terlihat, dan ini menjadikan batik ini disukai oleh setiap kalangan.

Alasan mengapa batik ini diminati adalah karena tidak terkesan monoton, dan mahal. Melainkan lebih berwarna dan harganya sangat terjangkau ketimbang yang ditawarkan oleh batik tradisional.

Nah, ada beberapa jenis batik yang bukan tradisional. Diantaranya adalah batik bergaya abstrak, gaya gabungan serta gaya lukisan.

Batik gaya abstrak normalnya bisa dilihat dari batik yang menggambarkan hal-hal yang umum seperti garuda, rangkaian bunga, burung terbang dan lain sebagainya.

Sementara untuk batik modern bergaya gabungan adalah jenis batik yang motifnya diambil dari penggabungan motif-motif yang sudah ada saat ini. Penggabungan beberapa macam motif ini nantinya akan berubah menjadi motif yang ramai tapi indah.

Sedangkan gaya batik ketiga adalah gaya lukisan. Normalnya, banyak sekali batik yang bermotif lukisan. Salah satu contohnya adalah batik yang bermotif pemandangan, atau lukisan lainnya.

Beberapa jenis motif dan corak tadi memang sangat menarik. Yang pasti, Anda akan menemukan motif yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan sebagai busana sehari-hari.

Kesimpulannya, batik tradisional lebih terkesan memiliki aura wibawa tinggi dan lebih mahal. Sementara batik modern lebih terkesan cocok untuk setiap kalangan dengan banyaknya corak yang ditawarkan, serta lebih murah harganya. Jadi, Anda bisa menentukan mana yang Anda pilih untuk dikenakan saat ini.

Berlangganan content dan bonus-bonus terbaru

Isikan nama dan alamat email dibawah ini:

Rate this article!

Related Posts